Kamis, 21 November 2013

8 RAHASIA PELANGI

Diposting oleh Aulia Nurul Izzati di 06.48

Pelangi punya rahasia menakjubkan sejak zaman dahulu sampai sekarang. Mau tahu apa saja rahasia - rahasia itu? Cuss ah..


RAHASIA 1
Harta Kurcaci

Bentuk pelangi seperti busur di langit. Melengkung indah berwarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Warna pelangi disingkat mejikuhibiniu. Setiap melihat pelangi, orang bertanya-tanya, apakah pelangi itu? Mengapa ada pelangi?
Orang zaman dulu berkhayal, pelangi adalah jembatan ke negri kurcaci. Konon, di ujung pelangi terdapat peti harta milik kurcaci. Dongeng harta kurcaci di ujung pelangi diceritakan untuk menjawab misteri pelangi. Orang percaya pada dongeng harta kurcaci selama ribuan tahun. Tidak ada orang yang bisa menjelaskan misteri pelangi dengan tepat sampai tahun 1673.

RAHASIA 2
Bapak Pelangi

Orang yang pertama kali menjelaskan asal usul pelangi dengan tepat adalah Pak Rene Descartes, seorang ilmuwan Prancis. Pak Descartes menjelaskan, pelangi adalah keajaiban sinar matahari dan butir-butir air di udara. Pendapat Pak Descartes tentang pelangi dikutip sampai sekarang. Hmm, boleh dibilang, Pak Rene Descartes adalah Bapaknya Pelangi.

RAHASIA 3
Asal Usul Pelangi







Pelangi hanya terjadi jika ada sinar matahari dan hujan. Ssst, tahu enggak, hujan itu sebetulnya butir-butir air berbentuk bola, lo. Ukuran bola air hujan sangat kecil. Butir air hujan bening seperti kaca.
Mata manusia melihat sinar matahari sebagai sinar berwarna putih. Warna putih sinar matahari ini sebenarnya gabungan berbagai warna. Nah, keajaiban terjadi saat sinar matahari menembus air hujan. Ketika menembus air hujan, sinar matahari pecah menjadi me-ji-ku-hi-bi-ni-u. Hasilnya, kamu melihat pelangi saat matahari bersinar di air hujan.

RAHASIA 4
Pelangi Indah

Butir-butir air hujan ada yang berbentuk bola kecil dan bola besar. Butir hujan yang besar berukuran sampai 2 mm. Butir hujan yang kecil berukuran 0,01 mm.
Warna warni pelangi akan muncul lengkap dan bagus jika sinar matahari mengenai bi=utir air hujan yang besar. Butir air yang kecil menghasilkan warna pelangi yang tumpang tindih dan pucat.

RAHASIA 5
Pelangi Pagi Sore

Pelangi hanya muncul di hujan pagi atau sore yang cerah. Busur pelangi yang panjang juga muncul jika hujan terjadi di pagi dan di sore hari.
Pelangi tidak akan muncul meskipun hujan dan matahari bersinar terang pada pukul 12 siang. Karena, posisi matahari berada di belakang kita.




RAHASIA 6
Terang di Bawah Pelangi

Di bawah busur pelangi, langit selalu tampak terang. Karena, sinar warna warni pelangi kembali jadi satu warna putih di bawah busur pelangi

RAHASIA 7
Pelangi Bulan Purnama

Pelangi dapat muncul di malam hari saat bulan purnama dan hujan. Sinar bulan juga dapat menembus butir-butir air dan jadi pelangi. Sayangnya, pelangi bulan purnama tampak pucat dan tipis.


RAHASIA 8
Pelangi Antariksa

pelangi tidak hanya terjadi di Planet Bumi. Ilmuwan NASA menduga pelangi juga terjadi di Titan. titan adalah bulan yang mengelilingi Planet Saturnus. Letak bulan Titan sangat jauh dari matahari. Pelangi di Titan tampak pucat sebab sinar matahari lebih redup di Titan.



sumber: majalah BOBO Edisi 48 tahun XXXVIII (Terbit 10 Maret 2011)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Wild Moon Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos